Fakta Dibalik Berat Badan Turun Tanpa Sebab, Yuk Simak Disini

Bagi yang sedang melakukan program penurunan berat badan, pasti akan merasa senang ketika melihat angka di timbangan berangsur angsur turun. Namun jika berat badan turun tanpa sebab secara terus menerus, ada baiknya jangan senang dulu. Pasalnya, adanya fluktuasi yang besar pada bobot tubuh yang menandakan ada sesuatu yang serius terkait dengan kesehatan. Sebaiknya Anda untuk lebih waspada. Berikut alasan dibalik bobot tubuh yang terus menurun tanpa sebab.

Penyakit Diabetes

Saat bobot tubuh seseorang mengalami penurunan yang amat drastis, ada kemungkinan ia menderita penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan adanya kadar gula yang tinggi dalam tubuh, hingga mengganggu ginjal dan sistem tubuh lainnya. Oleh karena itu tubuh tidak bisa memakai gula darah untuk bahan bakar, dan semuanya akan langsung disaring di ginjal. Padahal otot dan tulang tidak mendapatkan energi dari gula darah, hingga lama kelamaan tubuh menjadi lebih kurus.

Mengalami Stres

Saat mengalami stres yang cukup berat, biasanya nafsu makan akan menghilang. Hal tersebut karena otak akan melepaskan hormon hormon yang menekan nafsu makan. Tidak hanya itu, otak juga akan mengirim pesan kepada kelenjar adrenalin agar menghentikan produksi hormon di ginjal sehingga akan muncul respon ‘lawan atau tinggalkan’. Dimana hal tersebut berada di sebuah kondisi psikologi saat stres yang membuat makan tidak menjadi prioritas.

Penyakit Kanker

Penyakit kanker juga bisa menjadi salah satu penyebab berat badan turun tanpa sebab. Hal ini dikarenakan adanya sebagian besar kanker bisa menjadi pemicu munculnya sindrom turunnya bobot tubuh yang disebut dengan cancer cachexia. Dimana sindrom ini merupakan kondisi yang ditandai dengan keseimbangan protein dan energi yang buruk, peradangan sistemik, dan turunnya bobot tubuh.

Itulah beberapa fakta dibalik adanya bobot tubuh yang tiba tiba saja menurun tanpa ada penyebabnya. Oleh karena itu ada baiknya jika tiba tiba saja bobot tubuh Anda turun secara drastis padahal tidak melakukan diet atau pola makan terjaga, maka perlu waspada. Segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat, agar penyebab dari penurunan bobot tubuh yang drastis tersebut dapat diketahui.

Leave A Reply

Your email address will not be published.