7 Langkah yang Harus Dilakukan untuk Menjadi Importir

  • Whatsapp

7-langkah-yang-harus-dilakukan-untuk-menjadi-importir

Jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia melayani jasa pengiriman barang-barang dari luar negeri yang dipesan dari Indonesia. Barang yang biasanya dikirimkan beragam jenisnya, mulai dari bahan pangan hingga karya seni.

Read More

Untuk bisa mengimpor barang dari luar negeri seorang importir harus mengikuti prosedur yang berlaku. Selain itu, juga harus memiliki co-partner di luar negeri yang bertindak sebagai eksportir dari negeri asal barang yang dipesan.

Langkah Menjadi Importir

Apabila Anda ingin menjadi seorang importir ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut adalah 7 langkah menjadi importir:

1. Menemukan Co-partner di Luar Negeri dan Menandatangani Kontrak

Bila Anda belum berpengalaman dalam melakukan transaksi impor barang, maka harus mencari co-partner dagang. Anda bisa bekerja sama dengan individu atau badan usaha yang menyuplai barang yang dibutuhkan importir.

Untuk menemukan co-partner Anda bisa mendatangi Kantor Kamar Dagang Industri, Kantor Dagang Industri Daerah, atau Panitia Kerja Tetap Daerah. Dapat juga menggunakan referensi dari importir yang sudah berpengalaman.

2. Mendatangi Bank Devisa (Issuing Bank)

Setelah mendapatkan kontrak kerjasama kerja dengan eksportir, selanjutnya Anda harus mendatangi bank devisa dalam negeri. Hal ini sangat penting karena bank devisa akan bernegosiasi dengan bank di luar negeri untuk pembayaran yang akan dilakukan dalam proses transaksi impor barang.

3. Mendapat Paket Dokumen Impor

Importir kemudian melakukan permintaan pembukaan letter of Credit pada bank devisa kemudian menyetorkan dana sesuai dengan nilai impor dalam kontrak kerja. Selanjutnya, hanya perlu menunggu eksportir melakukan pengiriman barang.

4. Menghubungi dan Bekerja Sama dengan Shipping Company

Selanjutnya Anda harus menghubungi jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia setelah menerima dokumen dari co-partner atau bank devisa, karena barang sudah dikapalkan. Hal ini terbukti dengan dokumen Original Bill of Lading. Importir segera menghubungi pihak shipping company untuk memastikan kapan barang akan sampai di dermaga Indonesia.

5. Menghubungi Pihak-pihak yang berhubungan dengan Pengiriman

Seorang importir juga harus aktif menghubungi pihak Distrik Navigasi setempat atau petugas Radio Pantai. Dengan rutin melakukan komunikasi, importir akan mengetahui posisi dermaga di mana kapal dari shipping company berlabuh.

6. Membuat PIB dan Kewajiban Kepabeanan

Selanjutnya adalah mengurus Pemberitahuan Impor Barang (PIB) ke kantor Bea dan Cukai. Dokumen lima rangkap ini akan menjadi identitas dari barang yang dikirimkan eksportir sehingga bisa diambil importir.

Dalam dokumen dituliskan mengenai, volume, ukuran, jenis, harga, dan kondisi barang yang dikirimkan.

7. Menghubungi Jasa Angkutan Darat

Langkah terakhir adalah menghubungi jasa angkutan darat seperti truk, pick up, atau kendaraan pengangkut lainnya. Hal ini dilakukan setelah izin mengeluarkan barang didapatkan oleh importir.

Setelah melalui rangkaian 7 langkah tersebut, importir akan mendapatkan barang yang dipesan dari luar negeri dan bisa memasarkannya di dalam negeri. Bagi importir, jasa pengiriman barang dari Inggris ke Indonesia sangatlah dibutuhkan karena tanpanya barang tidak akan sampai ke tangan importir.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *