5 Tips Mengecek Jahitan Pada Kaos Sebelum Memutuskan untuk Membeli

  • Whatsapp

5-tips-mengecek-jahitan-pada-kaos-sebelum-memutuskan-untuk-membeli

Sejak adanya online store banyak masyarakat yang lebih memilih melakukan belanja secara online. Tetapi untuk membeli pakaian seperti kaos polos, kerudung dan celana, toko offline masih menjadi favorit perbelanjaan. Pasalnya Anda dapat melihat bahkan mencoba langsung pilihan produk yang ingin Anda beli. Termasuk mengecek kerapian dan kekuatan jahitan pada pakaian.

Read More

Tips Mengecek Jahitan

Apabila Anda membeli di pusat perbelanjaan dan toko grosir, pastikan terlebih dahulu kualitas jahitan pada pakaian. Berikut tips yang bisa Anda praktikkan ketika hendak membeli kaos polos:

1. Kenali Dulu Jenis Jahitan

Pada kaos, setidaknya ada tiga jahitan yaitu jahit obras, overdeck dan jahit leher. Ketiganya digunakan untuk menjahit pada bagian yang berbeda-beda. Jahit obras biasanya digunakan untuk menyambung bagian penting seperti lengan dengan bagian badan kaos. Sedangkan jahitan overdeck digunakan untuk menjahit tepi bawah kaos dan lengan kaos. Hal ini mempermudah Anda melakukan pengecekan.

2. Melihat sisa benang

Disetiap jahitan akan diakhiri dengan pemotongan benang jahit. Apabila terdapat banyak benang yang masih tersisa pada kaos, lebih baik Anda memilih kaos yang lain. Sisa benang yang ada biasanya akan mempengaruhi kekuatan jahitan ketika dipotong atau dipaksa dilepaskan.

3. Warna benang

Nah untuk menjaga estetika kaos polos pilihan Anda, warna benang sangat berpengaruh. Warna benang yang digunakan untuk menjahit kaos haruslah sama atau setidaknya senada dengan warna kaos. Hindari warna benang yang kontras dengan warna kaos karena akan mengganggu tampilan kaos Anda.

4. Melihat bagian dalam

Lihatlah bagian dalam kaos dengan cara membalik kaos tersebut. Ketika dilihat dari luar mungkin jahitan akan terlihat rapi dan kuat tetapi jangan salah, bagian dalam punya peran penting. Pastikan jahitan pada bagian dalam memiliki jarak yang tidak terlalu jauh. Semakin jauh jarak jahitan maka kekuatan dari jahitan kaos juga semakin lemah. Kaos akan mudah robek.

5. Menguji jahitan

Biasanya Anda diperbolehkan untuk mencoba beberapa jenis pakaian di ruang ganti. Tetapi hal ini jarang diperbolehkan untuk produk-produk kaos. Sebab akan membuat kaos menjadi melar dan merusak ukuran. Salah satu caranya adalah dengan menarik secara perlahan pada setiap jahitan kaos. Misalnnya, pada sambungan antara lengan dengan bagian badan kaos. Hati-hati, ya. Jangan sampai merobeknya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menguji jahitan pada kaos yang hendak dibeli. Selain warna Anda juga harus memperhatikan kondisi jahitan untuk memastikan kualitas kaos tersebut. Anda dapat berbelanja langsung di toko maupun berbelanja online cukup dengan mengetikkan kalimat jual kaos polos di laman pencarian. Pastikan Anda mendapatkan penjual yang memiliki penilaian baik dari pembeli atau pelanggan sebelumnya. Atau bisa juga Anda meminta rekomendasi toko dari teman atau kerabat Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *