5 Tips Mengatasi Jerawat Akibat Menggunakan Masker Kain

5-tips-mengatasi-jerawat-akibat-menggunakan-masker-kain

Masker saat ini menjadi benda yang lumrah digunakan oleh masyarakat. Sejak virus corona merebak di Indonesia, pemerintah mewajibkan siapa saja untuk menggunakan masker, khususnya saat pergi ke luar rumah atau mengunjungi beberapa fasilitas publik. Oleh karena itu, saat ini banyak orang yang jual masker kain, baik itu secara online maupun dijajakan di pinggir jalan.

Meskipun masker kain bisa melindungi wajah dari debu, bakteri, dan virus, ternyata benda yang satu ini bisa menyebabkan wajah Anda berjerawat. Masker yang tidak dicuci secara berkala mengandung bakteri atau debu yang membuat wajah menjadi kotor dan berjerawat. Selain itu, menggunakan masker juga bisa membuat wajah menjadi lembab dan rentan berjerawat.

Jika Anda mengalami hal ini, segera atasi jerawat akibat masker seperti tips di bawah ini.

1. Memilih Masker Kain yang Tepat

Agar kulit wajah Anda tidak jerawatan, pertama-tama pilihlah masker kain dengan bahan yang tepat. Masker kain yang digunakan sebaiknya berbahan lembut agar tidak mengiritasi wajah. Selain itu, pilih juga bahan masker yang bisa menyerap keringat dengan baik seperti berbahan katun dan sejenisnya.

2. Mencuci Wajah Sebelum dan Sesudah Menggunakan Masker

Kulit bruntusan akibat masker kain tentu saja sangat mengganggu. Oleh karena itu, cucilah wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker kain. Dengan demikian, debu yang menyumbat pori-pori bisa hilang seketika. Jika perlu, lakukan double cleansing agar wajah menjadi lebih berih maksimal.

3. Menggunakan Rangkaian Skincare

Jika sudah terlanjur berjerawat, gunakan rangkaian skincare agar jerawat kempes dan kondisi wajah Anda membaik. Gunakan rangkaian perawatan wajah khusus kulit berjerawat. Anda bisa menggunakan facial wash, toner, essence, serum, dan krim wajah. Gunakan juga masker wajah agar hasilnya lebih optimal. Anda bisa menggunakan peel off mask, wash off mask, clay mask, dan masih banyak lagi.

4. Mencuci Masker Kain Secara Rutin

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mencuci masker tersebut secara rutin. Debu dan polusi yang menempel pada kain bisa menyebabkan wajah Anda jerawatan. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mencuci masker apalagi jika sudah digunakan berkali-kali. Jika perlu, belilah lebih dari dua masker di tempat jual masker kain sebagai pengganti saat masker yang lain sedang dicuci.

5. Tidak Menggunakan Riasan Wajah

Riasan wajah hanya akan membuat pori-pori Anda tersumbat. Belum lagi menggunakan masker yang hanya akan memperburuk kondisi kulit. Oleh karena itu, cukup gunakan riasan tipis saja agar terlihat lebih segar jika Anda tidak ingin wajah tiba-tiba bruntusan.

Itulah lima cara mudah mengatasi jerawat akibat penggunaan masker kain. Jika Anda membutuhkan masker kain keren dan berkualitas, masker fullprint bisa jadi solusinya. Dapatkan masker keren dengan harga terjangkau. Bahannya tentu saja berkualitas, sehingga aman untuk kulit wajah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.