4 Masalah Kesehatan Ibu Hamil yang Sering Terjadi di Indonesia

  • Whatsapp

Angka kematian ibu mengandung sangat tinggi selama tiga tahun terakhir. Faktor pemicunya, yaitu kesehatan, lingkungan, gaya hidup, atau faktor genetik. Angka kematian terus meningkat dengan pemicu yang tidak kunjung menemukan titik terang penyelesaian. Oleh karena itu, masalah kesehatan ibu hamil di Indonesia harus segera diatasi. Yuk kenali masalah kesehatan yang dialami wanita hamil di sini!

Read More

4 Masalah Kesehatan Wanita Hamil

1. Kurangnya Pemahaman tentang Kesehatan

Indonesia adalah negara kepulauan negar jumlah pulau yang sangat banyak. Tidak jarang terdapat daerah yang sangat tertinggal dengan jumlah tenaga medis yang terbatas. Oleh karena itu, diharapkan pemerintah dapat menemukan jalan keluar yang tepat agar dapat memberikan edukasi mengenai masalah kesehatan pada wanita saat mengandung.

2. Kurang Sadar Kebersihan

Masyarakat Indonesia kurang peduli untuk menerapkan pola hidup bersih dan menjaga kebersihan lingkungan. Padahal itulah salah satu faktor pemicu kesehatan ibu yang hamil menurun. Sering kali masalah kebersihan ini diremehkan dan kurang pasokan air bersih. Selain itu, konsumsi makanan dan minuman yang bergizi juga sering diabaikan.

3. Sarana dan Prasarana yang Tidak Memadai

Kondisi geografis Indonesia sangat beragam, sehingga kurangnya alat transportasi yang dapat membantu proses perjalanan ke fasilitas rujukan untuk persalinan. Padahal salah satu jalan untuk memberikan pertolongan kepada ibu yang hamil adalah membawanya fasilitas kesehatan secara rutin. Kurangnya sarana prasarana ini menghambat kontrol kesehatan. 

4. Kebutuhan yang Belum Terpenuhi

Masalah kesehatan ibu hamil yang sering terjadi adalah belum terpenuhinya kebutuhan ibu dan janin. Masyarakat modern dapat dengan mudah mengakses internet dan mendapatkan informasi seputar kehamilan. Selain itu, tenaga medis dan fasilitas kesehatan juga mudah dijangkau. Oleh karena itu, inilah yang masih menjadi PR pemerintah.

Mendampingi ibu yang sedang hamil memang tidak mudah. Terdapat berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi, seperti asupan nutrisi dan cek kesehatan secara rutin. Fasilitas kesehatan pun telah tersedia, sehingga yang dibutuhkan adalah transportasi yang memadai dan dapat dijangkau oleh segala kalangan. Dengan begitu angka kematian ibu yang hamil dapat ditekan dan janin lahir dengan sehat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *